Mau Bikin SKCK di Samarinda? Simak Dulu Lokasi dan Jenis-Jenisnya!

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen penting yang sering dibutuhkan untuk berbagai keperluan, mulai dari melamar kerja hingga mengurus paspor. Nah, jika kamu tinggal di Samarinda dan membutuhkan SKCK, jangan khawatir! Kamu bisa membuatnya di Polsek atau Polres Samarinda. Tapi, sebelum itu, yuk kita cari tahu dulu jenis-jenis SKCK yang ada dan lokasi di mana kamu bisa membuatnya.

Jenis-Jenis SKCK yang Perlu Kamu Ketahui

SKCK Polsek (Kecamatan)

Untuk wilayah kecamatan, kamu bisa membuat SKCK Polsek di Polsek yang terletak di daerah kecamatan tempat kamu tinggal. Jenis SKCK ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan seperti menjadi Lurah atau Kepala Desa, menjadi sekretaris desa, pindah alamat rumah, serta melamar kerja atau melanjutkan pendidikan.

SKCK Polres (Kabupaten)

Sedangkan untuk wilayah kabupaten, kamu bisa membuat SKCK Polres Samarinda di Polres Samarinda. SKCK jenis ini cocok untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan, masuk ke lembaga negara seperti TNI dan Polisi, menjadi PNS, serta calon pejabat publik Kabupaten.

SKCK Polda (Provinsi)

Untuk wilayah provinsi, kamu bisa membuat SKCK Polda Samarinda di kantor Polda Samarinda. SKCK jenis ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan seperti pembuatan visa dan paspor, menjadi notaris, bekerja di pemerintahan, serta bekerja atau sekolah di luar negeri.

SKCK Mabes Polri

Sedangkan jika kamu membutuhkan SKCK untuk keperluan adopsi anak, calon pejabat negara tingkat pusat, syarat naturalisasi kewarganegaraan untuk WNA, atau melakukan kunjungan atau tinggal tetap di luar negeri, maka kamu bisa membuat SKCK Mabes Polri di Mabes Polri.

Bisakah Bikin SKCK Samarinda Online?

Kamu pasti sering denger kan tentang pendaftaran SKCK online? Siapa bilang membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Samarinda harus secara langsung ke kantor polisi? Kini, kamu bisa memilih cara yang lebih mudah dan praktis untuk mengurus SKCK, yaitu secara online atau offline di Polsek dan Polres Samarinda. Kamu tinggal memilih metode mana yang lebih cocok dengan kebutuhanmu. Kamu cukup daftar online di web SKCK Polri dengan link skck.polri.go.id. Namun, jangan lupa, hanya pendaftaran yang dilakukan secara online, sedangkan pencetakan SKCK tetap dilakukan di Polsek atau Polres Samarinda.

Lokasi SKCK Keliling Polresta Samarinda

Jika kamu tinggal di Samarinda dan membutuhkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kamu tak perlu khawatir karena ada banyak lokasi di mana kamu bisa membuatnya. Selain di Polsek dan Polres Samarinda, Polresta Samarinda juga menyediakan layanan SKCK keliling di beberapa lokasi strategis di kota, seperti Disnaker Samarinda, Pos Polisi Sambutan, Kantor Kelurahan Sidodadi, Kantor Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kantor Kecamatan SMD Seberang, dan Kantor Kelurahan Sungai Pindang Dalam.

Layanan SKCK keliling ini tentunya sangat membantu masyarakat Samarinda yang kesulitan mendatangi kantor polisi secara langsung. Dengan adanya lokasi SKCK keliling, masyarakat dapat lebih mudah dan cepat dalam mengurus SKCK yang dibutuhkan. Selain itu, lokasi-lokasi tersebut juga tersebar di berbagai wilayah di Samarinda, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya.

Tak hanya itu, dengan adanya layanan SKCK keliling ini, masyarakat Samarinda dapat menghemat waktu dan biaya yang diperlukan untuk mengurus SKCK. Sebab, tidak perlu lagi datang ke kantor polisi yang jaraknya jauh dari tempat tinggal atau bekerja.

Yuk, Bikin SKCK dengan Mudah di Samarinda!

Sekarang kamu udah tahu kan jenis-jenis SKCK yang ada dan lokasi-lokasi di mana kamu bisa membuatnya? Dengan informasi ini, kamu bisa lebih siap dan mudah dalam mempersiapkan segala kebutuhan yang dibutuhkan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, buat SKCK di Samarinda dengan mudah dan cepat!