Portal Registrasi SKCK Online Tutup, Cara Urus SKCK via Aplikasi Polri Super Apps

Baru-baru ini, portal registrasi SKCK Online melalui situs skck.polri.go.id ditutup. Tidak perlu khawatir, karena Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menyediakan solusi alternatif untuk mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Sekarang ini, pengisian formulir SKCK online bisa dilakukan melalui aplikasi Polri Super Apps yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Berikut adalah cara mudah dan cepat untuk mengurus SKCK melalui aplikasi Polri Super Apps.

Cara Mengurus SKCK Online Melalui Aplikasi Polri Super Apps

Jika kamu membutuhkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk keperluan tertentu, seperti melamar pekerjaan atau mendaftar perguruan tinggi, kini kamu tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor polisi untuk mengurusnya. Kamu bisa mengurus SKCK secara online melalui aplikasi Polri Super Apps yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

Untuk memulai proses pengurusan SKCK melalui aplikasi Polri Super Apps, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut dan login ke dalam profil kamu. Setelah itu, klik menu “SKCK” yang terdapat pada halaman utama aplikasi, kemudian klik “Ajukan SKCK” dan pilih “Mulai”.

Dalam proses pengisian formulir, kamu harus mengisi data keperluan dan data alamat sesuai dengan KTP. Setelah selesai mengisi formulir, kamu bisa memilih metode pembayaran “BRI Virtual Account” untuk membayar biaya pengurusan SKCK.

Jangan lupa untuk mengunduh barcode pendaftaran yang dikirim melalui email dan mencetak bukti pendaftaran serta pembayaran. Setelah semua persyaratan terpenuhi, kamu harus melampirkan persyaratan SKCK yang diserahkan ke petugas loket.

Lampirkan Persyaratan SKCK

Setelah kamu selesai mengisi formulir SKCK melalui aplikasi Polri Super Apps, langkah selanjutnya adalah melampirkan persyaratan SKCK yang harus diserahkan ke petugas loket. Untuk memastikan bahwa pengurusan SKCK kamu berjalan lancar, pastikan untuk melampirkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen yang harus dilampirkan antara lain print out bukti pendaftaran dan pembayaran, fotokopi KTP domisili sebanyak 3 lembar, fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar, fotokopi akta kelahiran atau ijazah 1 lembar, rumus sidik jari, dan foto ukuran 4×6 latar merah sebanyak 3 lembar.

Penting untuk diketahui bahwa dokumen persyaratan SKCK di atas harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jumlah fotokopi KTP dan foto yang harus dilampirkan, misalnya, telah ditentukan sebanyak 3 lembar. Selain itu, pastikan juga untuk melampirkan rumus sidik jari yang benar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Setelah semua dokumen terpenuhi, kamu harus menyerahkan dokumen persyaratan SKCK ke petugas loket. Petugas akan memeriksa dokumen yang kamu lampirkan untuk memastikan bahwa semuanya lengkap dan sesuai dengan ketentuan. Jika semua dokumen terpenuhi, maka SKCK kamu akan diproses dan dapat diambil di kantor kepolisian setelah selesai.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Polri Super Apps?

Dalam hal ini, aplikasi Polri Super Apps menjadi solusi alternatif bagi kamu yang ingin mengurus SKCK dengan mudah dan cepat. Penggunaan aplikasi ini memiliki beberapa keuntungan yang bisa membuat proses pengurusan SKCK menjadi lebih efisien.

Keuntungan pertama adalah kamu tidak perlu lagi mengunjungi kantor kepolisian secara langsung untuk mengurus SKCK. Dengan menggunakan aplikasi Polri Super Apps, kamu bisa mengisi formulir SKCK dan melampirkan persyaratan yang dibutuhkan secara online dari rumah atau di mana saja kamu berada. Hal ini tentu saja dapat menghemat waktu dan tenaga yang biasanya diperlukan untuk datang ke kantor kepolisian secara langsung.

Keuntungan kedua adalah aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengurus SKCK kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu tidak perlu khawatir lagi dengan jadwal sibuk atau waktu operasional kantor kepolisian yang terbatas. Dengan aplikasi Polri Super Apps, proses pengurusan SKCK bisa dilakukan dengan mudah dan fleksibel.

Keuntungan ketiga adalah kamu bisa menghindari antrian panjang yang biasanya terjadi di kantor kepolisian saat mengurus SKCK. Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, menghindari kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Dengan menggunakan aplikasi Polri Super Apps, kamu bisa mengurangi risiko terpapar virus dan tetap menjaga kesehatan kamu dan lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Dengan aplikasi Polri Super Apps, pengurusan SKCK menjadi lebih mudah dan cepat. Kamu bisa mengurusnya kapan saja dan di mana saja menggunakan smartphone kamu. Selain itu, proses pembayaran menggunakan BRI Virtual Account juga memudahkan kamu dalam membayar biaya pengurusan SKCK. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Polri Super Apps sekarang juga untuk mengurus SKCK dengan mudah dan cepat!