Cara Mudah Bikin Rumus Sidik Jari Buat SKCK

Rumus sidik jari, siapa yang gak kenal? Kita pasti sering dengar nih kalau mau bikin Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) harus bikin rumus sidik jari dulu.

Yap, rumus sidik jari ini penting banget lho, karena bisa jadi tanda identitas kita sekaligus rekaman kejahatan yang pernah kita lakukan. Nah, di artikel ini, kita mau kasih tau nih gimana caranya bikin rumus sidik jari buat SKCK dengan mudah dan gak ribet.

Syarat-Syarat Bikin Rumus Sidik Jari Buat SKCK

Sebelum kita memulai proses pembuatan rumus sidik jari untuk SKCK, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Syarat-syarat ini sangat penting dan harus dipenuhi dengan benar agar proses pembuatan SKCK berjalan dengan lancar.

Pertama-tama, kita harus menyiapkan fotokopi KTP sebagai identitas diri yang sah. Fotokopi KTP ini dibutuhkan sebagai salah satu syarat dalam pembuatan rumus sidik jari. Dengan fotokopi KTP tersebut, petugas akan memastikan identitas kita sebagai pemohon SKCK.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menyiapkan pas foto terbaru berwarna dengan ukuran 4×6 cm. Pas foto ini harus diambil dalam waktu 6 bulan terakhir dan menjadi syarat wajib dalam pembuatan rumus sidik jari. Pas foto ini juga akan digunakan sebagai identitas visual kita dalam dokumen SKCK.

Setelah itu, kita harus mengisi formulir permohonan SKCK dengan data diri yang lengkap dan benar. Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengisian formulir, seperti salah ketik atau kesalahan dalam penulisan data diri. Formulir ini akan menjadi dasar dalam pembuatan SKCK dan rumus sidik jari.

Terakhir, jangan lupa untuk membayar biaya administrasi pembuatan SKCK sesuai dengan ketentuan yang berlaku di daerah kita tinggal. Biaya administrasi ini akan bervariasi tergantung dari daerah masing-masing.

Pastikan membayar biaya administrasi ini secara tepat waktu agar proses pembuatan SKCK tidak tertunda.Cara Bikin Rumus Sidik Jari Buat SKCK

Setelah syarat-syarat di atas udah terpenuhi, kita bisa mulai bikin rumus sidik jari buat SKCK dengan mudah banget. Ini dia caranya:

Datang ke Polres Setempat

Pertama-tama, kita harus datang ke kantor Polres setempat sesuai dengan domisili tempat tinggal kita. Jangan lupa bawa syarat-syarat yang udah dipersiapkan sebelumnya ya.

Lakukan Perekaman Sidik Jari

Nah, di Polres ini kita akan dilakukan perekaman sidik jari di unit Inafis. Jangan khawatir, prosesnya gak sakit kok, cuma butuh waktu beberapa menit aja. Sidik jari kita akan diambil pake alat khusus yang menghasilkan gambar sidik jari.

Tunggu Hasilnya

Setelah sidik jari kita terekam, petugas akan memberikan rumus sidik jari dalam bentuk dokumen resmi. Dokumen ini nantinya bakal kita gunakan sebagai pelengkap pembuatan SKCK.

Masa Berlaku Rumus Sidik Jari Buat SKCK

Masa berlaku rumus sidik jari buat SKCK ini seumur hidup lho. Tapi, ada pengecualian nih, kalau tangan atau jari kita tiba-tiba buntung atau terpotong, masa berlaku rumus sidik jari ini bakal kadaluarsa.

Jadi, kita harus bikin rumus sidik jari baru dengan melakukan perekaman ulang di unit Inafis Polres setempat.

Kesimpulan

Nah, udah pada tau kan gimana caranya bikin rumus sidik jari buat SKCK yang gampang dan gak ribet? Dengan adanya rumus sidik jari ini, Polres bisa mengetahui apakah kita pernah melakukan tindak kejahatan atau tidak.

Jadi, penting banget deh buat kita punya rumus sidik jari yang sah dan terbebas dari tindak kejahatan sebagai tanda identitas diri kita.