Bikin SKCK di Hari Sabtu? Bisa Banget! Ini Dia Jadwal Operasionalnya

Eh, tapi kamu tahu nggak sih, kalau bikin Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di hari Sabtu itu bisa? Iya dong, tapi ada batas waktunya loh! Nah, biar nggak bingung, kali ini kita bakal bahas jadwal operasional pembuatan SKCK di kepolisian. Yuk, simak!

Jadwal Operasional Pembuatan SKCK

Jadwal operasional pelayanan pembuatan atau perpanjangan SKCK di kepolisian hampir sama di Polsek, Polres, dan Polda di seluruh Indonesia. Pelayanan dimulai dari pukul 8 pagi hingga 3 sore, setiap hari Senin sampai Jumat. Sedangkan pada hari Sabtu, pelayanan pembuatan SKCK tersedia dengan batas waktu hingga pukul 11 siang saja. Namun, perlu diingat bahwa pelayanan pembuatan SKCK tidak tersedia pada hari Minggu dan hari libur nasional.

Sebagai informasi tambahan, meskipun jadwal operasional pembuatan SKCK di kepolisian hampir sama di seluruh Indonesia, namun kebijakan ini dapat berbeda-beda di setiap wilayah. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum datang ke kepolisian, pastikan terlebih dahulu jadwal operasional pembuatan SKCK di wilayahmu.

Syarat Bikin SKCK

Mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di kepolisian memang memerlukan beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain melampirkan KTP dan fotokopi KTP, pas foto terbaru, serta surat pengantar dari instansi yang membutuhkan. Dalam beberapa kasus, surat pengantar ini dapat diwakilkan oleh keluarga atau kerabat dekat, namun pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu ke kepolisian setempat terkait prosedur tersebut.

Selain itu, selalu siapkan biaya administrasi yang dibutuhkan untuk pembuatan SKCK. Biaya tersebut dapat berbeda-beda di setiap kepolisian, tergantung dari kebijakan setempat. Oleh karena itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu mengenai biaya administrasi yang harus dibayar sebelum datang ke kepolisian.

Pembayaran biaya administrasi tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti transfer bank atau membayar langsung di loket pembayaran kepolisian. Apabila kamu melakukan transfer bank, pastikan untuk menyimpan bukti transfer sebagai bukti pembayaran. Jangan lupa untuk menunjukkan bukti pembayaran tersebut saat datang ke kepolisian.

Tips Buat SKCK di Hari Sabtu

Bagi sebagian orang yang sibuk atau memiliki kegiatan lainnya di hari kerja, membuat SKCK di hari Sabtu bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa jadwal operasional pembuatan SKCK di kepolisian pada hari Sabtu hanya sampai pukul 11 siang. Oleh karena itu, sangat penting untuk datang tepat waktu agar tidak kehabisan jatah antrian.

Untuk menghindari keterlambatan, sebaiknya datang lebih awal. Jika jadwal operasional dimulai pada pukul 8 pagi, sebaiknya datang sekitar 30-60 menit sebelumnya agar dapat memperoleh nomor antrian yang lebih awal. Namun, jika kamu memiliki keterbatasan waktu atau jarak yang jauh, kamu juga dapat memanfaatkan layanan pendaftaran online yang tersedia di beberapa kepolisian. Dengan mendaftar online, kamu dapat memperoleh nomor antrian tanpa perlu datang ke kepolisian secara langsung. Namun, pastikan untuk membaca panduan dan persyaratan pendaftaran online terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Selain itu, perlu diingat bahwa jadwal operasional pembuatan SKCK pada hari Sabtu dapat lebih padat dibandingkan dengan hari kerja. Sehingga, meskipun kamu datang tepat waktu, kamu tetap bisa mengalami waktu tunggu yang cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan membawa buku atau permainan ringan sebagai pengisi waktu.

Kesimpulan

Jadi, jawaban dari pertanyaan kamu apakah bisa bikin SKCK di hari Sabtu adalah bisa! Namun, batas waktunya hanya sampai jam 11 siang aja ya. Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal operasional pembuatan SKCK di kepolisian sebelum kamu datang, dan siapkan semua dokumen yang diperlukan beserta biaya administrasi yang dibutuhkan. Semoga informasi ini membantu ya!