Mau Perpanjang SKCK di Tahun 2023? Gampang Banget! Ini Tipsnya

Kalau kamu ingin melamar kerja atau membutuhkan dokumen untuk keperluan administratif, pasti sudah tidak asing dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang lebih populer dengan sebutan SKCK.

Dokumen ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa kamu tidak memiliki catatan kriminal. Nah, kalau masa berlakunya sudah habis, jangan khawatir! Kamu bisa memperpanjang SKCK 2023 dengan mudah.

Syarat-syarat Perpanjangan SKCK 2023

Apabila kamu berniat untuk memperpanjang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 2023, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar permohonan perpanjangan dapat diproses dengan lancar.

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah menyediakan lembar SKCK lama yang asli atau telah dilegalisir, dengan catatan bahwa masa berlaku lembar SKCK sebelumnya tidak lebih dari satu tahun sejak tanggal diterbitkannya.

Selain itu, kamu juga harus menyediakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai tanda identitas, fotokopi Kartu Keluarga (KK) sebagai bukti hubungan keluarga, dan fotokopi Akta Kelahiran sebagai bukti identitas. Seluruh dokumen tersebut harus disiapkan dalam kondisi yang masih berlaku dan tidak expired.

Selanjutnya, kamu juga perlu menyiapkan pas foto terbaru yang berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak tiga lembar, yang diambil dengan posisi kepala tegak dan tidak memakai kacamata. Seluruh syarat tersebut harus dikumpulkan dan diisi pada formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor kepolisian.

Dengan memenuhi seluruh syarat tersebut, permohonan perpanjangan SKCK 2023 dapat diproses dengan lancar dan memperoleh hasil yang diharapkan. Pastikan untuk memeriksa kembali seluruh dokumen dan syarat yang dibutuhkan agar tidak terjadi kesalahan atau kekurangan saat proses perpanjangan SKCK.

Cara Memperpanjang SKCK 2023

Nah, kalau kamu sudah memenuhi syarat-syarat di atas, sekarang waktunya untuk memperpanjang SKCK 2023. Berikut adalah cara mudahnya:

Datanglah ke kantor kepolisian terdekat pada hari dan jam kerja, yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB.

Setelah sampai di kantor kepolisian, serahkan semua dokumen yang diperlukan ke loket dan identitas kamu akan dicatat oleh petugas.

Petugas akan memeriksa kecocokan dokumen persyaratan dan penelitian kesesuaian. Jika dokumen dinyatakan lengkap, maka permohonan SKCK 2023 akan diproses. Namun, jika berkas tidak lengkap, maka akan dikembalikan untuk dilengkapi.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hanya akan diterbitkan apabila tidak terdapat kecurigaan atas pemohon dan dokumen yang dibawa telah dipastikan lengkap sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Setelah SKCK 2023 diterbitkan, kamu harus membayarkan biaya pembuatan sebesar Rp 30.000 kepada petugas Polri di tempat.

Biaya Perpanjangan SKCK 2023

Perlu diingat ya, biaya perpanjangan SKCK 2023 ini sama dengan biaya pembuatan baru SKCK 2023. Jadi, kalau kamu belum pernah membuat SKCK, kamu bisa langsung membuat SKCK 2023 yang baru dengan membayar biaya sebesar Rp 30.000.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika hendak memperpanjang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 2023, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses perpanjangan berjalan lancar dan tidak mengalami kendala.

Salah satunya adalah memastikan bahwa semua dokumen yang dibawa saat memperpanjang SKCK masih berlaku dan lengkap. Selain itu, perlu diingat pula untuk tidak datang terlambat atau saat jam istirahat karena hal tersebut dapat memperpanjang waktu pelayanan yang akan mengganggu jadwal harian.

Selain itu, pas foto yang diambil saat memperpanjang SKCK 2023 juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pas foto yang diambil sebaiknya berwarna dengan ukuran 4×6, serta tidak menggunakan kacamata dan berpakaian rapi.

Terakhir, sangat penting untuk tidak memalsukan dokumen yang dibutuhkan karena hal tersebut dapat berakibat buruk pada masa depanmu.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat memperpanjang SKCK 2023 dengan mudah dan cepat. Namun, jangan lupa untuk memeriksa dokumen persyaratan terlebih dahulu dan datang tepat waktu agar proses perpanjangan SKCK dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.