Mau Bikin SKCK Baru? Ini Dia Persyaratan Dokumennya

Sebagai warga negara yang baik, tentu kita ingin memastikan bahwa kita memiliki rekam jejak yang baik juga. Nah, salah satu cara untuk membuktikan hal itu adalah dengan membuat SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Namun, sebelum Anda bergerak untuk membuat SKCK, perlu dipastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Persyaratan Bikin SKCK Baru

Pertama-tama, kita akan membahas persyaratan yang ingin membuat SKCK baru. Berikut adalah beberapa dokumen yang harus disiapkan:

Siapkan KTP atau SIM Sebagai Tanda Pengenal

Sebagai salah satu dokumen identitas resmi yang sah, KTP atau SIM menjadi persyaratan penting yang harus dipenuhi saat ingin membuat SKCK. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan fotokopi dari KTP atau SIM yang masih berlaku sebagai bukti identitas diri yang sah.

Sebaiknya, pastikan fotokopi yang Anda sediakan telah di-copy dengan jelas dan tidak terlalu buram, agar mudah terbaca oleh petugas yang bertanggung jawab dalam pembuatan SKCK.

Fotocopy KK Sebagai Bukti Terdaftar Anggota Keluarga

Selain KTP atau SIM, fotokopi kartu keluarga juga menjadi salah satu persyaratan penting yang harus dipersiapkan saat ingin membuat SKCK. Kartu keluarga dibutuhkan sebagai bukti bahwa Anda memang terdaftar sebagai salah satu anggota keluarga yang sah dan terdaftar di dalamnya.

Fotokopi Akta Kelahiran

Setiap individu memiliki cerita kelahirannya yang unik dan istimewa. Sebagai warga negara Indonesia, memiliki akta kelahiran menjadi bukti resmi bahwa Anda memang dilahirkan di Indonesia dan menjadi bagian dari bangsa ini.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan fotokopi akta kelahiran yang jelas dan sah sebagai salah satu persyaratan administrasi dalam pembuatan SKCK.

Pas Foto Terbaru

Memiliki pas foto terbaru dengan ukuran 4×6 sebanyak enam lembar menjadi persyaratan penting dalam pembuatan SKCK. Pas foto ini menjadi salah satu identitas visual yang memperlihatkan wajah Anda dengan jelas dan benar-benar merepresentasikan diri Anda sebagai pemohon SKCK.

Formulir Pendaftaran SKCK yang Disediakan di Kantor Polisi

Mendapatkan formulir pendaftaran SKCK bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana. Anda bisa langsung mengunjungi kantor polisi terdekat untuk memperoleh formulir tersebut.

Setelah mendapatkan formulir, pastikan untuk mengisi dengan lengkap dan jangan lupa untuk menandatangani formulir tersebut. Dalam pengisian formulir, pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan benar mengenai diri Anda, seperti nama lengkap, alamat, dan pekerjaan.

Hal tersebut penting untuk memudahkan proses verifikasi dan memastikan bahwa SKCK yang dikeluarkan memang benar-benar milik Anda. Dengan memperhatikan prosedur pengisian formulir dengan baik, diharapkan proses pembuatan SKCK berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Dokumen Sidik Jari

Pengambilan sidik jari menjadi tahap terakhir yang harus dilakukan dalam proses pembuatan SKCK. Tahap ini penting untuk memastikan bahwa sidik jari yang diambil sesuai dengan identitas Anda dan tidak terdapat kesalahan atau kecacatan pada proses pengambilan.

Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan pengambilan sidik jari di kantor polisi dengan jelas dan tidak terlalu buram agar memudahkan petugas kepolisian dalam proses verifikasi identitas Anda. Pastikan juga bahwa tangan Anda dalam kondisi bersih dan kering saat melakukan pengambilan sidik jari, agar hasil yang didapatkan lebih akurat dan jelas.

Nah, itulah beberapa persyaratan administrasi yang harus dipersiapkan jika Anda ingin membuat SKCK baru. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap persyaratannya ya, agar proses pembuatan SKCK bisa berjalan lancar dan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat!