Ini Dia, Cara Mudah dan Seru Perpanjang SKCK Kamu Secara Online!

Tidak perlu lagi mengantre panjang di kantor polisi untuk urus perpanjang SKCK. Saat ini, perpanjang SKCK bisa dilakukan dengan mudah secara online. Yuk, simak langkah-langkah dan syarat-syaratnya di bawah ini.

Langkah-Langkah Perpanjangan SKCK Secara Online

Untuk mengajukan perpanjangan SKCK secara online, kamu bisa memulainya dengan membuka laman https://skck.polri.go.id/ di browser kesayanganmu.

Setelah itu, klik menu yang berada di pojok kanan atas dan pilih formulir pendaftaran. Isi formulir dengan jujur dan teliti, karena ada beberapa bagian yang harus diisi, seperti jenis keperluan, satuan wilayah, identitas pribadi, informasi keluarga, riwayat pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, dan keterangan lainnya. Pastikan informasi yang kamu berikan sudah benar dan lengkap, agar proses perpanjangan SKCK bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

Pada kolom “Jenis Keperluan” pada bagian Satwil, beritahu alasannya mengapa kamu ingin membuat SKCK. Jadi, pastikan kamu memilih jenis keperluan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selanjutnya, unggah foto sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Pastikan foto yang kamu unggah sesuai dengan ketentuan, seperti ukuran dan latar belakang. Foto yang buruk kualitasnya dapat menghambat proses perpanjangan SKCK.

Setelah itu, lampirkan rumus sidik jari yang didapatkan di kantor Polres sesuai dengan domisilimu. Jika sudah pernah membuat SKCK sebelumnya, tidak perlu lagi membuat rumus sidik jari baru. Pastikan rumus sidik jari yang kamu lampirkan sudah benar dan sesuai dengan data yang tercantum pada formulir pendaftaran.

Setelah sukses mengisi formulir pendaftaran, kamu akan langsung mendapatkan tanda bukti pendaftaran dan nomor unik yang digunakan untuk membayar biaya perpanjangan SKCK.

Biaya tersebut bisa dibayarkan secara online melalui Bank BRI atau secara tunai di loket pembayaran di kantor polisi. Jangan lupa untuk membayar tepat waktu agar proses perpanjangan SKCK berjalan lancar.

Setelah membayar, jangan lupa untuk mencetak tanda bukti pembayaran tersebut sebagai tiket masukmu untuk menerbitkan SKCK di kantor polisi yang telah kamu pilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mengurus perpanjangan SKCK secara online dengan mudah dan cepat. Pastikan kamu memenuhi semua syarat yang dibutuhkan dan mengikuti tips dan trik yang diberikan agar proses perpanjangan SKCK berjalan lancar.Syarat-Syarat Perpanjangan SKCK Secara Online

Untuk mengajukan perpanjangan SKCK secara online, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, yaitu:

  1. Siapkan lembar SKCK lama yang asli atau legalisir (maksimum telah habis masa berlakunya selama 1 tahun).
  2. Fotokopi KTP atau SIM.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Fotokopi Akta Kelahiran atau Kenal Lahir.
  5. Jangan lupa untuk mengunggah pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang merah dengan berpakaian sopan serta pastikan wajahmu terlihat jelas. Bagi yang mengenakan jilbab, pastikan wajah terlihat secara utuh.

Tips dan Trik untuk Perpanjang SKCK Secara Online

  • Pastikan kamu mengisi formulir dengan benar dan lengkap karena kesalahan atau kekurangan informasi bisa menghambat proses perpanjangan SKCK-mu.
  • Periksa kembali seluruh dokumen yang dibutuhkan sebelum mengajukan perpanjangan SKCK secara online. Pastikan semuanya lengkap dan tidak ada yang terlewat.
  • Gunakan foto terbaru dengan latar belakang merah yang bisa membuatmu terlihat keren dan profesional.
  • Siapkan koneksi internet yang stabil dan cepat agar proses perpanjangan SKCK tidak terhambat.
  • Jangan lupa untuk mencetak tanda bukti pembayaran dan membawanya saat mengambil SKCK di kantor polisi yang telah kamu pilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, kamu bisa mengurus perpanjangan SKCK secara online dengan mudah dan cepat.