Ingin Membuat SKCK Tanpa Ribet? Ini Dia Cara Mudah dan Cepat Membuat SKCK Online Lewat HP!

Jika kamu perlu membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk keperluan tertentu, seperti melamar pekerjaan atau mengurus visa, mungkin kamu pernah merasa kesulitan karena harus mengantri di kantor polisi yang seringkali memakan waktu dan tenaga.

Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena teknologi telah memudahkan kita untuk membuat SKCK secara online lewat HP!

Dengan cara ini, kamu bisa membuat SKCK tanpa harus repot pergi ke kantor polisi dan mengantri.

Proses pembuatan SKCK online lewat HP ini sangat mudah dan cepat, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga kamu. Bagaimana cara membuat SKCK online lewat HP? Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Buka Situs Resmi SKCK Polri

Langkah pertama dalam membuat SKCK secara online lewat HP adalah dengan membuka situs resmi SKCK Polri melalui tautan https://skck.polri.go.id/. Untuk membuka situs ini, kamu bisa menggunakan browser di HP kamu.

Setelah masuk ke halaman utama situs SKCK Polri, cari dan klik menu Form. Menu ini akan membawa kamu ke halaman formulir pendaftaran SKCK yang harus diisi dengan data diri dan dokumen pendukung yang diperlukan.

Dengan mengikuti langkah ini, kamu dapat memulai proses pembuatan SKCK secara online dengan mudah dan cepat.

Pilih Jenis Keperluan dan Isi Data Sesuai KTP

Selanjutnya, pilih jenis keperluan dan kesatuan wilayah yang sesuai dengan KTP kamu. Jangan lupa isi kolom alamat sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP kamu ya.

Pastikan semua datanya benar dan sesuai agar tidak terjadi kesalahan pada proses selanjutnya.

Pilih Cara Pembayaran

Pada tahap ini, kamu bisa memilih cara pembayaran yang kamu inginkan. Ada dua opsi, yaitu melalui BRIVA (BRI Virtual Account) atau langsung di loket yang berada di kantor polisi.

Lengkapi Formulir Pendaftaran

Setelah memilih cara pembayaran, lengkapi setiap form yang diminta dengan baik dan benar. Jangan sampai ada yang terlewat ya! Isi mulai dari Data Pribadi, Hubungan Keluarga, Pendidikan, Perkara Pidana, hingga Ciri Fisik.

Unggah Lampiran Dokumen

Proses pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara online lewat HP memerlukan beberapa dokumen pendukung sebagai syarat untuk memproses permohonanmu.

Setelah mengisi formulir pendaftaran dengan benar, kamu harus mengunggah lampiran dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.

Proses Permohonan

Setelah semuanya selesai, klik “Proses” dan kamu akan mendapatkan bukti permohonan. Jangan lupa untuk mencatat kode atau nomor registrasi yang tertera di bukti permohonan tersebut.

Nantinya kamu akan menggunakannya untuk mengambil SKCK di Polsek/Polres/Polda/Mabes Polri.

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai proses pembuatan SKCK, pastikan kamu sudah menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, surat kenal lahir, izasah, surat nikah, dan rumus sidik jari.

Namun, ada satu dokumen yang cukup unik dan spesifik, yaitu scan foto diri dengan ukuran 4 x 6 dan latar belakang merah.

 Foto diri ini harus memenuhi kriteria tertentu agar dapat diterima sebagai lampiran dokumen dalam pembuatan SKCK secara online lewat HP.

Biaya Pembuatan SKCK Online

Biaya pembuatan SKCK online yang dikenakan adalah Rp 30.000. Pastikan kamu membayar biaya tersebut agar permohonan SKCK kamu dapat diproses dengan baik.

Nikmati Kemudahan Membuat SKCK Online!

Itulah tadi langkah-langkah mudah membuat SKCK online lewat HP. Dengan membuat SKCK secara online, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga tanpa harus mengantri di kantor polisi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buat SKCK online sekarang juga!