Pentingnya Legalisir SKCK untuk Lamaran Kerja dan Cara Mendapatkannya dengan Mudah

Siapa sih yang ga pengen punya kerjaan yang kece dan kerennya minta ampun? Pastinya, semua orang ingin punya kerjaan yang sesuai dengan kualitas dan kemampuan yang dimiliki.

Nah, salah satu syarat penting untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah dengan menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang bersih dari catatan kriminal.

Tapi, tunggu dulu! SKCK yang asli saja tidak cukup. Kamu juga harus memastikan bahwa SKCK tersebut telah dilegalisir oleh instansi yang berwenang. Nah, agar ngga bingung, yuk simak cara mudah mengurus legalisir SKCK berikut ini:

Pastikan SKCK Asli dan Belum Kadaluarsa

Sebelum mengajukan proses legalisir dokumen, sangat penting untuk memastikan bahwa Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang kalian miliki adalah SKCK yang asli dan masih berlaku.

SKCK yang telah melewati batas waktu berlaku tidak akan diterima oleh pihak yang berwenang dan harus diperbarui terlebih dahulu sebelum dapat digunakan kembali.

Oleh karena itu, sebelum memulai proses legalisir, pastikan untuk melakukan pengecekan terhadap keabsahan dan masa berlaku agar tidak mengalami kendala di kemudian hari.

Cari Tahu Instansi yang Berwenang

Penting untuk diketahui bahwa setiap Surat Keterangan Catatan Kepolisian memiliki instansi yang berwenang untuk mengeluarkan dan melegalkan dokumen tersebut.

Oleh karena itu, sebelum memulai proses legalisir, pastikan bahwa mengetahui instansi yang tepat untuk mengurus legalisir SKCK milik kalian.

Misalnya, jika SKCK kalian diterbitkan oleh Kepolisian Resort (Polres) di wilayah kalian, maka kalian harus melakukan legalisir di Polres yang sama.

Dengan mengetahui instansi yang tepat untuk melakukan legalisir, kalian dapat menghindari kesalahan dalam proses legalisir yang dapat berpotensi memperlambat atau bahkan menggagalkan proses legalisir.

Siapkan Fotokopi SKCK

Saat mengurus legalisasi, kamu harus menyiapkan fotokopi SKCK yang jelas dan tidak kabur. Ingat, fotokopi inilah yang akan dilakukan legalisir, bukan aslinya.

Patuhi Persyaratan yang Ditetapkan Instansi

Dalam proses legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian, setiap instansi memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Kalian untuk memperhatikan persyaratan yang diberlakukan oleh instansi tersebut agar proses legalisasi dapat berjalan dengan lancar dan efisien.

Jangan sampai mengabaikan persyaratan tersebut karena hal ini dapat menghambat proses legalisasi SKCK milik Kalian.

Misalnya, salah satu instansi mungkin memerlukan dokumen tambahan atau sertifikat pengesahan tertentu yang harus Kalian sediakan sebelum melakukan proses legalisir. Jika persyaratan tersebut diabaikan, maka proses legalisasi dapat tertunda atau bahkan gagal dilaksanakan.

Jangan Lupa Tanyakan Waktu Tunggu

Meskipun proses legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian biasanya memerlukan waktu yang singkat, namun demikian, tetap disarankan untuk menanyakan waktu tunggu yang dibutuhkan agar tidak terlalu lama menunggu proses legalisasi selesai.

Hal ini disebabkan karena waktu tunggu dalam proses legalisasi dapat bervariasi tergantung pada instansi yang melakukan legalisasi dan jumlah permintaan legalisasi pada saat itu.

Ada kemungkinan bahwa instansi tersebut sedang mengalami lonjakan permintaan legalisasi yang dapat memperlambat proses legalisasi SKCK Kalian.

Dengan menanyakan waktu tunggu yang dibutuhkan, Kalian dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan menghindari penundaan yang tidak diinginkan.

Dapatkan SKCK yang Legal dan Sah

Dengan mengikuti semua langkah-langkah di atas, maka kamu dapat dengan mudah mengurus legalisir SKCK dan memperoleh yang legal serta sah.

Memiliki SKCK yang bersih dari catatan kriminal menjadi sangat penting dalam melamar pekerjaan, sehingga pastikan untuk memperoleh yang legal dan sah agar tidak menghambat proses seleksi kerja kamu.

Jadi, jangan sampai kamu terlewatkan untuk mengurus legalisir SKCK sebelum melamar pekerjaan ya! Dengan SKCK yang bersih dan legal, kamu dapat meningkatkan peluang untuk diterima di perusahaan impianmu.