Membuat SKCK, Apakah Bisa Diwakilkan Oleh Orang Lain? Ketahui Faktanya

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen penting yang diperlukan dalam berbagai hal, seperti melamar pekerjaan atau mengajukan visa ke luar negeri. Namun, seringkali kita terkendala oleh waktu atau kesibukan sehingga sulit untuk meluangkan waktu ke kantor polisi untuk membuat SKCK.

Pertanyaannya, apakah kita bisa meminta bantuan untuk diwakilkan orang lain untuk membuat SKCK kita?

Membuat SKCK Baru tidak Bisa Diwakilkan

Sayangnya, membuat SKCK baru tidak bisa diwakilkan kepada orang lain. Hal ini dikarenakan proses pembuatan baru yang membutuhkan rekam sidik jari dan foto.

Kita harus secara langsung datang ke kantor polisi untuk melakukan proses tersebut. Namun, jangan khawatir, biasanya proses pembuatan yang baru tidak memakan waktu yang lama dan bisa selesai dalam hitungan jam.

Perpanjangan SKCK Bisa Diwakilkan

Berbeda dengan membuat SKCK baru, perpanjangan bisa diwakilkan kepada kerabat atau teman kita. Namun, syaratnya adalah kerabat atau teman yang diwakilkan harus membawa seluruh dokumen yang diperlukan dan membuat surat kuasa yang menyatakan bahwa kita memberi kuasa kepada mereka untuk mengurus perpanjangan kita.

Dokumen yang Diperlukan untuk Perpanjangan SKCK

Untuk memperpanjang Surat Keterangan Catatan Kepolisian, terdapat beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan dengan teliti dan lengkap. Hal ini penting dilakukan agar permohonan perpanjangan SKCK tidak ditolak oleh pihak kepolisian.

Pertama-tama, pastikan untuk menyediakan SKCK lama yang masih berlaku sebagai bukti bahwa kita sudah pernah membuat sebelumnya. Selain itu, kita juga harus menyediakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi untuk memverifikasi identitas kita.

Selanjutnya, kita perlu mengunduh Surat Permohonan Perpanjangan dari website kepolisian dan mengisi dengan data yang lengkap dan benar. Dokumen ini harus disertai dengan pas foto terbaru yang sudah diambil dalam waktu 6 bulan terakhir.

Selain itu, pihak kepolisian juga memerlukan Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental dari dokter sebagai bukti bahwa kita dalam kondisi sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain. Dokumen ini harus dikeluarkan oleh dokter umum yang terpercaya.

Terakhir, jangan lupa untuk membuat Surat Kuasa yang menyatakan bahwa kita memberikan kuasa kepada kerabat atau teman untuk mengurus perpanjangan kita. Hal ini penting dilakukan jika kita tidak dapat hadir secara langsung ke kantor polisi untuk mengurus perpanjangan.

Dalam melakukan persiapan dokumen untuk perpanjangan SKCK, pastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh kepolisian. Jika ada dokumen yang kurang atau tidak sesuai, maka permohonan perpanjangan SKCK kita bisa ditolak oleh pihak kepolisian.

Kesimpulan

Membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan kita, terutama ketika akan melamar pekerjaan atau mengajukan visa ke luar negeri. Namun, terkadang kita sulit untuk meluangkan waktu untuk membuat SKCK baru karena kesibukan atau hal-hal lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa meminta bantuan kerabat atau teman untuk mengurus perpanjangan SKCK kita. Namun, dalam hal ini, kita harus memastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan dalam proses perpanjangan harus lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh pihak kepolisian.

Ketika melakukan persiapan dokumen tersebut, pastikan bahwa semuanya sudah lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh kepolisian. Hal ini penting dilakukan agar permohonan perpanjangan tidak ditolak oleh pihak kepolisian.

Dengan meminta bantuan kerabat atau teman untuk mengurus perpanjangan, kita dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses membuat SKCK. Namun, kita harus selalu memastikan bahwa dokumen-dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh kepolisian.

Dengan demikian, kita dapat memperoleh SKCK baru dengan mudah dan cepat tanpa mengalami kendala. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.