Ketahui Langkah Mengurus STNK Hilang Beserta Rincian Biayanya Berikut

Mengurus STNK hilang bisa menjadi masalah yang merepotkan, namun sebenarnya tidaklah sulit. Artikel ini akan membahas langkah-langkah mengurus STNK hilang dan biayanya, sehingga Anda bisa mengetahui cara mengurusnya dengan mudah dan cepat.


STNK atau Surat Tanda Kendaraan Bermotor merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh seluruh pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. Namun, terkadang kehilangan STNK bisa terjadi, dan hal ini dapat menjadi masalah yang merepotkan. Kehilangan STNK dapat membuat Anda kesulitan keluar dari area parkir tertentu atau bahkan terkena tilang saat berkendara. Namun, jangan khawatir karena mengurus STNK hilang sebenarnya tidaklah sulit. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah dan biaya yang perlu Anda ketahui untuk mengurus STNK hilang dengan mudah dan cepat.

Langkah-langkah Mengurus STNK Hilang

  1. Laporkan kehilangan STNK Anda ke kantor polisi terdekat
    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kehilangan STNK Anda ke kantor polisi terdekat. Anda harus mengisi beberapa formulir dan membawa dokumen-dokumen tertentu, seperti KTP, BPKB, dan STNK asli yang masih Anda miliki. Setelah selesai, Anda akan menerima surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian.
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan
    Setelah Anda mendapatkan surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk mengurus STNK baru. Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan antara lain surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian, fotokopi KTP, fotokopi BPKB, dan fotokopi STNK yang hilang (jika masih ada).
  3. Bayar biaya pengurusan STNK baru
    Biaya pengurusan STNK baru ketika STNK hilang sesuai dengan peraturan yang ada pada Peraturan Pemerintah No. 76 Tahun 2020. Biaya pengurusan STNK baru untuk kendaraan roda dua adalah Rp100.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih adalah Rp200.000.
  4. Kunjungi Samsat terdekat
    Setelah semua dokumen dan biaya sudah disiapkan, Anda dapat mengunjungi Samsat terdekat untuk mengurus STNK baru. Pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan dan membayar biaya pengurusan STNK baru. Setelah selesai, Anda akan menerima STNK baru yang dapat digunakan sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan.

Biaya Mengurus STNK Hilang

Berapa biaya mengurus STNK Hilang? Biaya yang harus Anda bayarkan untuk STNK hilang mengikuti aturan yang ada pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 76 Th 2020 terkait Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Dalam peraturan tersebut disebutkan jika rincian tarif yang perlu Anda bayarkan untuk cara mengurus STNK hilang adalah sebagai berikut.

Tarif Mengurus STNK Untuk Kendaraan Roda Dua

  • Pembuatan STNK Baru: Rp100.000/Penerbitan
  • Perpanjang STNK: Rp100.000/Penerbitan

Tarif Mengurus STNK Untuk Kendaraan Roda Empat atau Lebih

  • Pembuatan STNK Baru: Rp200.000/Penerbitan
  • Perpanjang STNK: Rp200.000/Penerbitan

Dengan mengetahui cara mengurus STNK hilang di atas, Anda dapat mengurusnya dengan mudah dan cepat tanpa harus menggunakan jasa calo. Namun, pastikan Anda segera mengurus STNK yang hilang agar tidak terkena tilang atau kesulitan keluar dari area parkir tertentu. Selalu jaga STNK Anda agar tidak hilang atau rusak dengan menyimpan STNK asli di tempat yang aman dan membawa fotokopi STNK saat berkendara. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mengurus STNK hilang.

Dalam kesimpulan, mengurus STNK hilang sebenarnya tidaklah sulit jika Anda mengetahui langkah-langkahnya. Sebagai pemilik kendaraan bermotor, pastikan Anda selalu menjaga STNK Anda agar tidak hilang atau rusak dengan menyimpan STNK asli di tempat yang aman dan membawa fotokopi STNK saat berkendara. Dengan mengurus STNK hilang dengan benar dan tepat waktu, Anda dapat menghindari masalah yang tidak diinginkan dan tetap memastikan kepemilikan kendaraan Anda yang sah. Semoga informasi yang kami berikan dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam mengurus STNK hilang dengan mudah dan cepat.