Cara Mengambil SKCK Online!! Simak Persyaratan dan Tahapannya

Ingin mengurus SKCK dengan mudah dan cepat? Kini, kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui layanan SKCK online yang disediakan oleh Mabes Polri. Tidak perlu lagi repot untuk datang ke kantor polisi secara langsung. Yuk, simak panduan lengkap cara mengambil SKCK online.

Persyaratan untuk Mengambil SKCK Online

Sebelum kamu memulai pengajuan SKCK online, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Persyaratan ini harus kamu penuhi agar pengajuan SKCK kamu bisa diproses dengan lancar dan cepat. Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk pengajuan online antara lain:

KTP atau Identitas Resmi yang Dapat Digunakan sebagai Pengganti KTP dalam Pengajuan SKCK Online

Dalam pengajuan SKCK online, kamu memerlukan identitas diri yang resmi dan sah. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan KTP atau kartu identitas lainnya yang dapat dipakai sebagai pengganti KTP, apabila kamu belum memiliki KTP.

Paspor (untuk SKCK online Mabes Polri)

Bagi kamu yang memiliki paspor, kamu bisa memakainya sebagai salah satu dokumen persyaratan pengajuan SKCK online. Paspor ini biasanya diperlukan jika kamu akan mengajukan SKCK di Mabes Polri.

Kartu Keluarga (KK)

Kartu Keluarga atau KK adalah dokumen penting yang dibutuhkan sebagai identitas keluarga. KK ini menjadi salah satu syarat untuk mengajukan SKCK online.

Akta Lahir

Akta Lahir juga menjadi salah satu dokumen penting yang harus kamu siapkan dalam pengajuan SKCK online. Akta ini berisi informasi tentang identitas diri lengkap kamu.

Persyaratan Pas Foto untuk Pengajuan SKCK Online

Dalam pengajuan SKCK online, kamu perlu menyiapkan pas foto berwarna dengan ukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar. Pastikan juga latar belakang foto berwarna merah.

Soft File Sidik Jari

Terakhir, kamu perlu menyiapkan soft file sidik jari sebagai salah satu dokumen penting dalam pengajuan SKCK online. Pastikan kamu menyimpan soft file sidik jari dengan baik dan benar agar mudah diunggah saat kamu mengajukan pengajuan SKCK online.

Tahapan Mengambil SKCK Online

Mengambil SKCK online menjadi semakin mudah dengan adanya panduan lengkap yang bisa kamu ikuti. Setelah kamu mempersiapkan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan, tahapan selanjutnya adalah mengajukan pengajuan SKCK online. Berikut adalah panduan lengkap cara mengambil SKCK online:

Isi Formulir Pendaftaran dengan Lengkap dan Benar

Pertama-tama, kamu perlu mengisi formulir pendaftaran di laman https://skck.polri.go.id/ dengan lengkap dan benar. Pastikan kamu mengisi setiap kolom yang tersedia dengan informasi yang akurat dan sesuai dengan dokumen persyaratan yang kamu siapkan sebelumnya.

Unggah Dokumen-Dokumen yang Diperlukan dalam Bentuk File Digital

Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu perlu mengunggah seluruh dokumen persyaratan yang kamu siapkan dalam bentuk file digital. Pastikan kamu mengunggah dokumen dengan format yang sesuai dan ukuran file yang tidak terlalu besar agar tidak terjadi kendala saat proses pengajuan.

Lakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran Sebesar Rp 30.000

Setelah mengunggah dokumen persyaratan, kamu perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 30.000. Lakukan pembayaran tersebut melalui metode pembayaran yang tersedia di laman https://skck.polri.go.id/.

Tunggu Konfirmasi dari Pihak Kepolisian Mengenai Kelengkapan Dokumen yang Kamu Ajukan

Setelah melakukan pembayaran, kamu perlu menunggu konfirmasi dari pihak kepolisian mengenai kelengkapan dokumen yang kamu ajukan. Proses verifikasi dokumen biasanya memakan waktu beberapa hari, tergantung pada banyaknya jumlah pengajuan yang masuk.

Lakukan Verifikasi Sidik Jari Secara Online

Setelah dokumen kamu diverifikasi dan dianggap lengkap, kamu akan menerima notifikasi untuk melakukan verifikasi sidik jari secara online. Kamu perlu mengikuti instruksi yang diberikan untuk melakukan verifikasi sidik jari dengan benar.

Terima SKCK dalam Bentuk Digital yang Bisa Diunduh Melalui Laman https://skck.polri.go.id/

Jika sidik jari kamu telah diverifikasi, maka kamu akan menerima SKCK dalam bentuk digital yang bisa diunduh melalui laman https://skck.polri.go.id/. Pastikan kamu menyimpan SKCK dengan aman dan benar agar tidak hilang atau rusak.

Ambil SKCK dalam Bentuk Fisik di Kantor Polisi Sesuai dengan Domisili Kamu

Jika kamu membutuhkan SKCK dalam bentuk fisik, maka kamu bisa mengambilnya di kantor polisi sesuai dengan domisili kamu. Pastikan kamu membawa seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk mengambil SKCK dalam bentuk fisik.

Dengan mengikuti panduan lengkap cara mengambil SKCK online di atas, kamu bisa memperoleh SKCK dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot datang ke kantor polisi secara langsung. Pastikan kamu mempersiapkan seluruh dokumen persyaratan dengan baik dan benar agar pengajuan kamu bisa diproses dengan lancar.

Nah, mudah sekali, bukan? Dengan mengikuti tahapan-tahapan tersebut, kamu bisa mendapatkan SKCK dengan lebih mudah dan cepat. Jangan lupa untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar agar pengajuan kamu bisa diproses dengan lancar. Tunggu apalagi? Yuk, segera urus SKCK-mu secara online sekarang juga!