Materai Berapa yang Dibutuhkan untuk Membuat SKCK?

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen penting yang sering dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mengajukan visa, atau mendaftar kuliah.

Namun, banyak orang masih bingung tentang berapa materai yang perlu disiapkan untuk membuat SKCK.

Biaya Materai untuk SKCK

Untuk membuat SKCK, Kalian membutuhkan materai seharga Rp 10.000. Namun, perlu diingat bahwa biaya tersebut hanya untuk materai saja. Masih ada biaya lain yang perlu dikeluarkan untuk membuat SKCK, seperti biaya sidik jari dan biaya administrasi.

Biaya sidik jari bisa bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing kepolisian daerah, sedangkan biaya administrasi biasanya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000.

Syarat Membuat SKCK

Untuk bisa membuat SKCK, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, selain materai dan biaya lainnya.

Persyaratan tersebut meliputi persiapan dokumen identitas dan pas foto dengan latar belakang merah ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

Pertama-tama, pastikan untuk menyiapkan fotokopi dokumen identitas, seperti KTP, KK, akta lahir atau ijazah atau surat nikah. Dokumen ini akan digunakan sebagai bukti data diri Kalian ketika mengajukan permohonan SKCK.

Pastikan dokumen yang Kalian siapkan masih berlaku dan sesuai dengan data diri Kalian.

Selanjutnya, Kalian juga perlu menyiapkan pas foto dengan latar belakang merah ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Pas foto ini harus memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah, yaitu jelas, tidak kabur, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dalam hal ini, pastikan Kalian mengenakan pakaian yang rapi dan sopan serta mengikuti aturan yang berlaku untuk menghindari terjadinya kesalahan.

Dengan mempersiapkan semua persyaratan dengan baik dan benar, Kalian akan memudahkan diri sendiri dalam proses pembuatan SKCK. Pastikan semua persyaratan yang diperlukan telah terpenuhi dan ikuti prosedur yang ditentukan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat memperlambat proses pembuatan SKCK Kalian.

Dengan begitu, Kalian akan segera memiliki SKCK yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mengajukan visa, atau mendaftar kuliah.

Dokumen sidik jari

Selain persyaratan dokumen identitas dan pas foto, dokumen sidik jari juga harus disiapkan untuk membuat SKCK. Sidik jari ini merupakan tkalian khas dari setiap individu yang digunakan untuk memverifikasi identitas dan memastikan bahwa Kalian tidak terlibat dalam tindakan kriminal.

Biasanya, proses pengambilan sidik jari akan dilakukan langsung di kantor kepolisian. Kalian akan diminta untuk menempelkan jari Kalian pada alat pemindai sidik jari, yang nantinya akan menghasilkan dokumen sidik jari yang akan digunakan untuk membuat SKCK.

Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengambil sidik jari, seperti mencuci tangan dan memastikan jari-jari Kalian dalam keadaan bersih.

Dengan begitu, proses pengambilan sidik jari akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan dokumen sidik jari yang jelas dan akurat.

Dengan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk membuat SKCK, Kalian akan memperoleh dokumen yang sah dan valid untuk berbagai keperluan. Pastikan untuk selalu mematuhi aturan dan prosedur yang berlaku agar proses pembuatan SKCK berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Kesimpulan

Membuat SKCK memang memerlukan beberapa persyaratan, termasuk materai, biaya sidik jari, dan biaya administrasi. Namun, dengan menyiapkan semua persyaratan dengan baik dan benar, Kalian bisa mendapatkan SKCK dengan mudah dan cepat.

Jangan lupa untuk memperhatikan semua persyaratan yang diperlukan dan ikuti prosedur yang ditentukan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat memperlambat proses pembuatan SKCK Kalian.