Cara Bayar Pajak STNK Online dengan Mudah Melalui Tokopedia

Jaman sekarang, semakin banyak masyarakat yang mencari cara untuk membayar pajak kendaraan secara online. Hal ini terutama disebabkan oleh pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dan membuat orang enggan datang ke kantor Samsat secara langsung. Salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah dengan membayar pajak motor melalui aplikasi Tokopedia. Yuk, simak cara bayar pajak motor online melalui Tokopedia yang sangat mudah dan praktis!

Cara Daftar Akun di Tokopedia

Sebelum membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia, pertama-tama kamu harus memiliki akun Tokopedia terlebih dahulu. Jika belum memilikinya, kamu bisa mengunduh aplikasi Tokopedia di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, kamu bisa mendaftar akun dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Tokopedia dan klik tombol “Daftar” di bagian bawah layar.
  2. Pilih metode pendaftaran yang diinginkan, misalnya dengan nomor ponsel atau email.
  3. Masukkan data pribadi yang diminta, seperti nama lengkap, nomor ponsel atau email, dan password.
  4. Setelah semua data terisi, klik tombol “Daftar” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Cara Bayar Pajak Motor Online di Tokopedia

Setelah memiliki akun Tokopedia, kamu bisa langsung membayar pajak kendaraan secara online melalui aplikasi tersebut. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini baru tersedia untuk beberapa daerah, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan. Untuk daerah lainnya, kamu harus mendapatkan kode bayar terlebih dahulu agar bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Tokopedia.

Berikut adalah cara bayar pajak motor online di Tokopedia:

  1. Buka aplikasi Tokopedia dan klik menu “E-Samsat” di bagian bawah layar.
  2. Pilih wilayah tempat kendaraanmu terdaftar.
  3. Isi data kendaraan yang diminta, seperti nomor polisi, nomor mesin, dan nomor identifikasi kendaraan bermotor (NIK) yang tertera di STNK.
  4. Jika kamu sudah memiliki kode bayar, cukup masukkan kode tersebut. Namun, jika belum, kamu bisa mendapatkannya dengan mengirim SMS ke nomor 0811-211-9211 dengan format: esamsat [spasi] no.rangka [spasi] NIK/KTP.
  5. Klik tombol “Cek Tagihan” untuk melihat rincian jumlah tagihan dan biaya admin.
  6. Periksa kembali data yang sudah diisi, masukkan kode promo jika ada, dan klik tombol “Pilih Pembayaran”.
  7. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti kartu kredit, transfer bank, atau dompet digital.
  8. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih.
  9. Jika pembayaran berhasil, kamu akan mendapatkan SMS dari Samsat setempat berisi link untuk mengunduh E-TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) terbaru.
  10. Cetak dokumen E-TBPKP tersebut dan melakukan pengesahan di Kantor Bersama Samsat atau layanan unggulan terdekat.

Keuntungan Bayar Pajak Motor Online Melalui Tokopedia

Membayar pajak kendaraan melalui aplikasi Tokopedia memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Mudah dan Praktis

Dengan membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia, kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor Samsat atau antri di bank. Cukup buka aplikasi Tokopedia dan bayar pajak kendaraanmu dengan mudah dan praktis.

  • Aman dan Terpercaya

Tokopedia merupakan platform e-commerce terbesar di Indonesia dan sudah terpercaya oleh jutaan orang. Dengan membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia, kamu tidak perlu khawatir keamanannya karena semua transaksi sudah dilindungi dengan sistem keamanan yang ketat.

  • Dapat Menggunakan Berbagai Metode Pembayaran

Melalui Tokopedia, kamu bisa membayar pajak kendaraan menggunakan berbagai metode pembayaran yang tersedia, seperti kartu kredit, transfer bank, atau dompet digital. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

  • Bisa Dilakukan Kapan Saja dan di Mana Saja

Dengan membayar pajak kendaraan melalui Tokopedia, kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu khawatir waktu atau lokasi. Bahkan jika kamu sedang berada di luar kota atau luar negeri, kamu tetap bisa membayar pajak kendaraanmu dengan mudah dan praktis melalui aplikasi Tokopedia.

Kesimpulan

Membayar pajak kendaraan melalui aplikasi Tokopedia sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu memiliki akun Tokopedia dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan seperti keamanan, kemudahan, dan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Jadi, tunggu apa lagi? Segera bayar pajak kendaraanmu melalui Tokopedia dan nikmati kemudahan dalam menyelesaikan kewajibanmu sebagai pemilik kendaraan bermotor.