Jangan Khawatir tentang Biaya, Ini Dia Biaya Bikin SKCK untuk Berbagai Kebutuhanmu

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan dalam berbagai keperluan, seperti saat kamu ingin melamar pekerjaan, mengurus visa, atau bahkan saat kamu ingin mengajukan permohonan paspor.

Dokumen ini membuktikan bahwa kamu tidak memiliki catatan kriminal atau pernah terlibat dalam suatu tindakan pidana. Oleh karena itu, setiap orang yang membutuhkan dokumen ini harus memperhatikan dengan baik prosedur dan persyaratan yang berlaku.

Biaya Bikin SKCK yang Terjangkau

Untuk mendapatkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membayar biayanya. Namun, jangan khawatir, biaya bikin SKCK tidaklah mahal. Demi mendapatkan dokumen penting ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 30.000 saja. Biaya ini sudah termasuk biaya cetak dan administrasi.

Pembayaran biaya bikin SKCK dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung di loket atau online melalui virtual account BRI (BRIVA). Jika kamu memilih untuk membayar langsung di loket, pastikan untuk membawa uang tunai dan menanyakan lokasi pembayaran yang tersedia di kantor polisi terdekat.

Namun, jika kamu lebih suka membayar secara online, kamu bisa menggunakan layanan virtual account BRI (BRIVA). Layanan ini memungkinkan kamu untuk membayar biaya SKCK secara online dengan mudah dan cepat.

Persiapan Dokumen yang Dibutuhkan

Untuk memperoleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh kepolisian. Selain membayar biaya bikin SKCK yang terjangkau, kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan.

Dokumen-dokumen tersebut harus lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku agar permohonanmu dapat diproses dengan cepat dan lancar.

Dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan antara lain:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta lahir atau ijazah atau surat nikah
  4. Jangan lupa untuk menyertakan 6 lembar foto berwarna dengan latar belakang merah berukuran 4×6
  5. Dokumen sidik jari

Pastikan kamu telah menyiapkan semua dokumen tersebut sebelum mengajukan permohonan SKCK. Periksa kembali kelengkapan dan keaslian dokumen sebelum melanjutkan proses permohonan.

Dokumen-dokumen yang tidak lengkap atau tidak sesuai dengan persyaratan dapat menyebabkan permohonanmu ditolak atau memakan waktu lebih lama dalam prosesnya.

Dengan memperhatikan setiap persyaratan dan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar, kamu dapat memperoleh SKCK dengan mudah dan cepat.

Jadi, pastikan kamu memenuhi semua persyaratan dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan teliti sebelum mengajukan permohonan SKCK.

Cara Mudah Bikin SKCK

Untuk mengajukan permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), saat ini kamu dapat memilih antara dua cara, yaitu secara online dan offline.

Jika kamu memilih cara online, maka kamu cukup mengunjungi situs web resmi yang telah ditetapkan oleh kepolisian, yaitu https://skck.polri.go.id. Di situs tersebut, kamu akan menemukan informasi lengkap mengenai persyaratan, prosedur, dan tata cara pengajuan SKCK secara online.

Untuk mengajukan permohonan SKCK secara online, kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di situs web yang telah disediakan. Setelah itu, kamu harus mengisi formulir online dengan lengkap dan benar serta mengunggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan baik dan benar sebelum mengunggahnya ke dalam sistem.

Namun, jika kamu lebih memilih untuk mengajukan permohonan SKCK secara offline, kamu dapat datang langsung ke kantor Polda/Polres/Polsek sesuai alamat KTPmu.

Di kantor tersebut, kamu akan diminta untuk mengisi formulir permohonan SKCK dan menyerahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu, kamu harus melakukan sidik jari dan menunggu beberapa waktu untuk proses verifikasi.

Meskipun mengajukan permohonan SKCK secara online lebih praktis dan cepat, namun beberapa orang mungkin lebih memilih cara offline karena merasa lebih nyaman dan aman.

Tips Mendapatkan SKCK dengan Cepat dan Mudah

Untuk mendapatkan SKCK dengan cepat dan mudah, pastikan kamu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dan memperhatikan setiap detailnya.

Jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan baik dan benar. Hal ini akan memudahkanmu dalam mendapatkan SKCK tanpa ada masalah.