Simak Tips Mudah dan Simpel Perpanjang STNK 5 Tahunan!

Jangan sampai STNK kendaraan Anda mati dan membuat Anda dikenai denda atau bahkan masuk penjara. Yuk, perpanjang STNK 5 tahunan Anda dengan mudah dan simpel berdasarkan tips yang akan kami bagikan di artikel ini.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, mari kita bahas dulu apa itu STNK. STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya.

STNK diterbitkan oleh Sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat), yakni tempat pelayanan penerbitan atau pengesahan STNK oleh tiga instansi, yaitu Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Dinas Pendapatan, dan PT. Jasa Raharja (Persero).

Masa berlaku STNK adalah lima tahun, dan setiap perpanjangan STNK satu tahun, kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satlantas Polri. Jadi, jangan sampai STNK Anda mati dan membuat Anda dikenai denda atau bahkan masuk penjara.

Tips Mudah dan Simpel Perpanjang STNK 5 Tahunan

  1. Datang sejak pagi
    Pastikan Anda datang ke Samsat sejak pagi hari, karena biasanya antrian sudah banyak dan waktu tunggu bisa cukup lama. Jangan sampai Anda harus pulang dengan tangan kosong karena waktu tutup sudah tiba.
  2. Siapkan uang tunai
    Pastikan Anda membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk membayar biaya perpanjangan STNK. Biasanya Samsat tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit, jadi pastikan Anda siap dengan uang tunai.
  3. Jangan menunggu STNK habis masa berlakunya
    Jangan tunggu sampai STNK kendaraan Anda mati atau sudah melewati batas waktu perpanjangan. Lakukan perpanjangan jauh-jauh hari sebelum masa berlaku STNK habis. Hal ini akan memudahkan Anda dan menghindari denda.
  4. Siapkan dokumen yang diperlukan
    Pastikan Anda membawa dokumen yang diperlukan saat melakukan perpanjangan STNK, seperti KTP, STNK lama, Bukti Pajak Kendaraan Bermotor (BPKB), surat-surat kendaraan, dan dokumen lain yang dibutuhkan.
  5. Ketahui biaya perpanjangan STNK
    Biaya perpanjangan STNK bervariasi tergantung pada jenis kendaraan yang Anda miliki. Berikut adalah biaya perpanjangan STNK untuk kendaraan bermotor:
  • Kendaraan roda dua dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc: Rp75.000
  • Kendaraan roda dua dengan kapasitas mesin di atas 250 cc: Rp100.000
  • Kendaraan roda empat atau lebih dengan kapasitas mesin di bawah 1.300 cc: Rp150.000
  • Kendaraan roda empat atau lebih dengan kapasitas mesin di atas 1.300 cc: Rp250.000

Selain biaya perpanjangan STNK, Anda juga perlu membayar biaya Jasa Raharja dan biaya administrasi. Biaya Jasa Raharja ditentukan berdasarkan jenis kendaraan dan biaya administrasi ditentukan oleh Samsat setempat.

  • Ganti Plat Nomor Kendaraan
    Setiap kali melakukan perpanjangan STNK, Anda juga perlu mengganti Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor kendaraan. Biaya untuk mengganti plat nomor motor biasanya dikenakan biaya sebesar Rp60.000 dan biaya ganti plat nomor mobil berkisar Rp100.000.

Perpanjang STNK 5 tahunan memang wajib dan cukup penting untuk memastikan kendaraan Anda aman dan legal di jalan raya. Dalam melakukan perpanjangan STNK, pastikan Anda datang sejak pagi, siapkan uang tunai, jangan menunggu STNK habis masa berlakunya, dan siapkan dokumen yang diperlukan. Selain itu, pastikan Anda juga mengetahui biaya perpanjangan STNK, biaya Jasa Raharja, biaya administrasi, dan biaya ganti plat nomor kendaraan. Dengan mengikuti tips mudah dan simpel perpanjang STNK 5 tahunan ini, Anda bisa memperpanjang STNK dengan lancar dan tanpa masalah.

Jangan lupa, selalu patuhi aturan lalu lintas dan jaga keselamatan berkendara Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca!