Mengenal Arti Singkatan Penting di STNK Kendaraan Bermotor: Wajib Diketahui Pemilik Kendaraan!

Ketahui arti singkatan penting di STNK kendaraan bermotor agar memudahkan dalam pembayaran pajak dan mencegah keterlambatan membayar. Simak penjelasannya di artikel kami.

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan dokumen STNK yang menjadi bukti legalitas pendaftaran kendaraan. Namun, di dalam STNK terdapat beberapa istilah atau singkatan yang mungkin terasa asing atau sulit dipahami artinya. Padahal, istilah dan singkatan tersebut sangat penting untuk dipahami karena menyangkut perihal perpajakan atas kendaraan bermotor.

Beberapa istilah atau singkatan yang terdapat di STNK antara lain BBNKB, PKB, dan SWDKLLJ. Masing-masing istilah ini memiliki besaran tertentu yang perlu dibayarkan saat pemilik kendaraan membayar pajak.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas secara detail arti dan kepanjangan dari masing-masing istilah yang terdapat di STNK kendaraan bermotor, sehingga Anda dapat lebih memahami besaran pajak yang harus dibayarkan dan menghindari denda keterlambatan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu STNK?

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah surat atau tanda bukti legalitas dari pendaftaran kendaraan bermotor. STNK juga menunjukkan bahwa kendaraan tersebut sudah terdaftar di pihak berwajib dan sebagai tanda kepemilikan yang sah atas suatu kendaraan bermotor. Oleh karena itu, STNK perlu dibawa setiap kali berkendara, selain SIM.

Arti Singkatan di STNK

  1. BBNKB

BBNKB atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor adalah biaya yang ditetapkan untuk perubahan kepemilikan atau pemindahan tangan atas kepemilikan suatu kendaraan bermotor. Singkatnya, BBNKB adalah biaya yang dibayarkan untuk balik nama sehingga kendaraan memiliki nama sesuai dengan pemilik atau pembelinya.

  • PKB

PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor adalah besaran pajak yang harus dibayarkan oleh para wajib pajak, dalam hal ini pemilik kendaraan bermotor. Besarnya tarif PKB adalah sebesar 1,5 persen dari nilai jual kendaraan dan nominalnya berbeda pada setiap daerah tergantung pada kebijakan yang berlaku.

  • SWDKLLJ

SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan adalah asuransi yang akan diberikan bagi korban kecelakaan lalu lintas. Asuransi ini ditanggung oleh Jasa Raharja.

  • No Urut & No Kohir

No. Urut biasanya tercantum pada bagian atas STNK dan menunjukkan nomor urut kendaraan ketika didaftarkan sesuai dengan waktu pembuatan dan pendaftaran STNK. Sedangkan No. Kohir merujuk pada pendataan nomor pendaftaran kendaraan baru yang dilakukan oleh Samsat dan Polri.

  • Biaya Adm.

Biaya Adm. atau biaya administrasi merujuk pada biaya administrasi yang dibutuhkan saat melakukan pendaftaran kendaraan, termasuk biaya adm STNK dan biaya adm TNKB.

Dengan mengetahui arti dan kepanjangan dari singkatan istilah yang ada di STNK, Anda akan lebih mudah memahami besaran pajak yang harus dibayarkan dan menghindari denda keterlambatan. Jangan lupa untuk selalu membayar pajak pada STNK tepat waktu agar kendaraan Anda selalu terdaftar secara sah dan dapat digunakan dengan aman.

Dalam artikel ini, kita telah membahas arti dan kepanjangan dari beberapa istilah atau singkatan yang terdapat di STNK kendaraan bermotor. Mulai dari BBNKB, PKB, SWDKLLJ, No Urut & No Kohir, hingga Biaya Adm. Semua istilah tersebut memiliki besaran tertentu yang perlu dibayarkan saat pemilik kendaraan membayar pajak.

Dengan mengetahui arti dan kepanjangan dari singkatan istilah yang ada di STNK, Anda akan lebih mudah memahami besaran pajak yang harus dibayarkan dan menghindari denda keterlambatan. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan bermotor, pastikan Anda selalu membayar pajak pada STNK tepat waktu agar kendaraan Anda selalu terdaftar secara sah dan dapat digunakan dengan aman.