Inilah Cara Perpanjang SIM Online via Website Resmi Korlantas Polri

Pelajari cara mudah memperpanjang SIM secara online. Ikuti langkah-langkah sederhana dan pastikan Anda memenuhi semua syarat yang diperlukan. Dengan begitu, proses perpanjangan SIM Anda akan menjadi lebih cepat dan efisien.

Memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) kini tidak lagi memerlukan kunjungan ke kantor polisi. Dengan kemajuan teknologi, Anda bisa memperpanjang SIM secara online dengan mudah dan cepat. Namun, sebelum memulai proses perpanjangan SIM online, pastikan Anda memenuhi semua syarat yang diperlukan.

Syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak terkait harus dipenuhi agar proses pengajuan bisa dilakukan, karena apabila anda tidak melengkapi satu saja syarat yang telah di tentukan maka anda tidak akan bisa melakukan proses perpanjangan sim.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk memperpanjang SIM secara online yang harus Anda ketahui.

Syarat Perpanjang SIM

Sebelum melakukan perpanjangan SIM, pastikan Anda memenuhi semua syarat yang diperlukan. SIM adalah bukti lisensi yang menyatakan bahwa seseorang sudah layak untuk mengemudi. Oleh karena itu, syarat perpanjangan SIM wajib dipenuhi oleh setiap orang yang ingin memperpanjang SIM.

Syarat perpanjangan SIM online meliputi:

  • Mengisi formulir yang disediakan di website Korlantas Polri dengan nama lengkap sesuai KTP.
  • Menyiapkan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli setempat yang masih berlaku sebagai bukti bahwa pemohon adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Jika pemohon adalah Warga Negara Asing (WNA), maka data informasi yang harus disiapkan adalah dokumen keimigrasian.
  • SIM lama yang masih berlaku.
  • Surat keterangan lulus uji simulator.
  • Tes psikologi di aplikasi epPSi atau klik link dari aplikasi Digital Koorlantas Polri.
  • Tes pemeriksaan kesehatan online di laman erikkes.id.

Cara Perpanjang SIM Online via Website Resmi

Setelah Anda memenuhi semua syarat perpanjangan SIM, Anda bisa mulai melakukan perpanjangan SIM online melalui website resmi Korlantas Polri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka website Korlantas Polri dan pilih menu pendaftaran SIM online. Selanjutnya, klik opsi Perpanjangan SIM pada kolom isian jenis permohonan.
  2. Isi seluruh kolom isian pada formulir permohonan perpanjang SIM.
  3. Masukkan kode verifikasi, lalu klik tombol kirim. Bukti registrasi akan dikirimkan ke email Anda nantinya.
  4. Lakukan pembayaran biaya perpanjang SIM pengajuan perpanjang SIM. Pilih opsi pembayaran melalui EDC, ATM, atau teller bank BRI. Pastikan jumlahnya sesuai dengan jenis dan tarif.
  5. Datang ke tempat SIM keliling/Satpas/gerai pelayanan yang telah dipilih saat registrasi online, dengan membawa dokumen persyaratan, bukti registrasi, dan bukti pembayaran.
  6. Tunggu giliran untuk pengambilan foto dan pencetakan SIM baru.
  7. SIM Anda telah selesai dibuat.

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya perpanjangan SIM diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016. Perpanjangan SIM A memilki biaya sebesar Rp 80.000 dan perpanjang SIM C sebesar Rp 75.000. Selain itu terdapat biaya tambahan lainnya, yakni untuk cek kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000.

Jadi, jika Anda ingin memperpanjang SIM secara online, pastikan Anda memenuhi semua syarat perpanjangan SIM dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, proses perpanjangan SIM akan menjadi lebih mudah dan cepat.

Dengan memperpanjang SIM secara online, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Namun, pastikan Anda memenuhi semua syarat perpanjangan SIM dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan dengan seksama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memperpanjang SIM secara online. Jangan lupa, patuhi aturan lalu lintas dan selalu berkendara dengan aman. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!