Cara Mudah Perpanjang SIM Anda Secara Online Melalui Aplikasi Digital Korlantas Polri (Sinar)

Masa berlaku SIM adalah selama 5 tahun sejak tanggal penerbitan. Apabila masa berlaku SIM Anda sudah mencapai tahun ke lima, maka Anda harus melakukan perpanjangan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kini, perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan mudah secara online, asalkan Anda memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Di sini, kami akan menjelaskan cara mudah perpanjangan SIM online terbaru yang harus Anda ketahui.

Ketentuan Pengajuan Perpanjangan SIM Online

Sebelum melakukan pengajuan perpanjangan SIM secara online, penting bagi Anda untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi. SIM sendiri wajib dibawa saat Anda sedang mengemudi. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi saat akan mengajukan permohonan perpanjangan SIM:

  1. Permohonan perpanjangan SIM dapat dilakukan dalam kurun waktu 90 hari sebelum masa berlakunya berakhir. Anda dapat memilih tanggal pengajuan sendiri, namun tanggal tersebut harus sebelum masa berlaku SIM habis.
  2. Apabila pengajuan perpanjangan SIM dilakukan setelah lewat waktu masa berlaku, maka permintaan akan diproses untuk pembuatan SIM baru dengan menyiapkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Pengajuan perpanjangan SIM dapat dilakukan di Satpas atau tempat pelayanan lainnya di seluruh kota di Indonesia sesuai dengan tempat tinggal pemohon.
  4. Menyiapkan biaya PNBP SIM perpanjangan sebesar Rp 80.000 untuk SIM A, SIM A Umum, SIM B1, SIM B1 Umum, SIM B2, dan SIM B2 Umum. Sementara untuk SIM C biayanya sebesar Rp 75.000 dan SIM D Rp 30.000. Untuk pengajuan secara online, terdapat biaya administrasi sebesar Rp 5000.

Cara Perpanjang SIM Online Melalui Aplikasi Digital Korlantas Polri (Sinar)

Mulai bulan April 2021, Korlantas Polri meluncurkan Program Presisi dengan merilis aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) yang mendukung perpanjangan SIM A dan SIM C melalui aplikasi di HP.

Layanan perpanjangan SIM online ini memudahkan pemilik SIM yang ingin melakukan perpanjangan tanpa harus datang ke Satpas sesuai domisili. Cukup dengan mengakses aplikasi di HP dari rumah, SIM yang sudah diperpanjang akan diantar ke alamat tujuan.

Proses perpanjangan SIM melalui aplikasi Sinar di HP ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi melalui App Store atau Play Store. Kemudian, verifikasi nomor telepon HP dan akan muncul fitur registrasi dengan mencantumkan NIK sesuai KTP atau nomor SIM sebelumnya. Selanjutnya, ikuti instruksi hingga pembayaran dan memilih prosedur pengambilan SIM baru

Perlu diingat bahwa masa berlaku SIM bukan lagi berdasarkan tanggal lahir pemilik, melainkan tanggal penerbitannya. Berikut adalah seluruh langkah perpanjangan SIM A dan SIM C online melalui HP melalui aplikasi Sinar:

  1. Download aplikasi Sinar dari App Store atau Play Store.
  2. Masukkan nomor handphone Anda yang akan diverifikasi. Setelah itu, masukkan kode OTP untuk memverifikasi data nomor HP Anda.
  3. Registrasi dengan mencantumkan NIK sesuai KTP atau nomor SIM sebelumnya, serta melampirkan foto KTP, foto SIM, dan selfie.
  4. Verifikasi data NIK dan SIM.
  5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas.
  6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi.
  7. Isi rekening pengembalian (pembatalan).
  8. Pilih metode pengiriman.
  9. Upload pas foto dan tanda tangan.
  10. Lakukan pembayaran PNBP dan biaya kirim.
  11. Penerbitan SIM.
  12. SIM akan dikirim langsung ke alamat tujuan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, perpanjangan SIM Anda dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu repot datang ke Satpas. Pastikan Anda telah memenuhi persyaratan dan membayar biaya yang dibutuhkan untuk proses perpanjangan SIM Anda.