Begini Ketentuan dan Syarat yang Diperlukan Untuk Proses Pengajuan Perpanjangan SIM Secara Online

Ingin memperpanjang SIM dengan mudah dan efisien? Simak persyaratan dan ketentuan perpanjangan SIM online serta syarat administrasinya di sini.

Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah dokumen resmi yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor di Indonesia. Namun, SIM memiliki masa berlaku selama 5 tahun dan harus diperpanjang sesuai dengan syarat yang berlaku. Jangan khawatir, sekarang Anda bisa memperpanjang SIM secara online dengan mudah dan efisien. Simak informasi lengkapnya tentang persyaratan dan ketentuan perpanjangan SIM online serta syarat administrasinya agar Anda dapat memperpanjang SIM tanpa masalah.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan surat izin mengemudi atau SIM yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor. SIM diterbitkan oleh pihak kepolisian sebagai bentuk perizinan seseorang untuk dapat mengemudikan kendaraan bermotor sesuai dengan golongan dan jenis SIM yang dimilikinya.

Masa berlaku SIM adalah selama 5 tahun sejak tanggal penerbitan. Jika masa berlaku SIM sudah hampir berakhir, Anda harus memperpanjang SIM Anda. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena proses perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online.

Simak informasi lengkapnya tentang persyaratan dan ketentuan perpanjangan SIM online di bawah ini.

Ketentuan Pengajuan Perpanjangan SIM

Sebelum melakukan pengajuan perpanjangan SIM secara online, pastikan Anda memenuhi persyaratan yang harus dipersiapkan. Persyaratan tersebut antara lain:

  1. Permohonan perpanjangan SIM dapat dilakukan dalam kurun waktu 90 hari sebelum masa berlakunya berakhir. Pemohon berhak memilih tanggal pengajuan sendiri, asalkan tanggal yang dipilih tidak melewati tanggal habis waktu berlaku SIM.
  2. Jika permohonan perpanjangan SIM dilakukan setelah masa berlaku habis, maka permintaan akan diproses untuk pembuatan SIM baru sesuai dengan golongan yang dimiliki dengan menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan.
  3. Pengajuan perpanjangan SIM dapat dilakukan di Satpas atau tempat pelayanan lain di seluruh kota di Indonesia sesuai dengan tempat tinggal pemohon.
  4. Setelah dokumen terkumpul dan berbagai syarat dipenuhi, permohonan SIM dapat diajukan ke petugas bagian identifikasi dan verifikasi di Satpas atau tempat pelayanan SIM lainnya.
  5. Menyiapkan biaya PNBP SIM perpanjangan sebesar Rp80.000. Biaya perpanjangan SIM ini berlaku untuk semua jenis SIM, seperti SIM A, SIM A Umum, SIM B1, SIM B1 Umum, SIM B2, SIM B2 Umum, SIM C, dan SIM D. Biaya administrasi sebesar Rp5.000 akan dikenakan untuk pengajuan perpanjangan SIM secara online.

Syarat Perpanjangan SIM Online

Untuk memudahkan pengajuan perpanjangan SIM, berikut adalah persyaratan administrasi yang harus disiapkan:

  1. Mengisi formulir yang sudah disediakan di website Korlantas Polri, seperti nama lengkap sesuai KTP.
  2. Menyiapkan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli setempat yang masih berlaku sebagai bukti bahwa pemohon adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Jika pemohon adalah Warga Negara Asing (WNA), maka data informasi yang harus disiapkan adalah dokumen keimigrasian.
  3. SIM lama yang masih berlaku.
  4. Surat keterangan lulus uji simulator.
  5. Melakukan tes psikologi di aplikasi epPSi atau klik link dari aplikasi Digital Koorlantas Polri. Biaya yang dikenakan untuk tes psikologi ini adalah Rp 37.500 dan dapat dibayar dengan e-wallet atau transfer ATM.
  6. Melakukan tes pemeriksaan kesehatan online di laman erikkes.id. Anda bisa memilih untuk melakukan tes secara online ataupun offline dengan mendatangi faskes yang tersedia.

Dengan demikian, memperpanjang SIM secara online bukanlah hal yang sulit jika Anda memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku serta syarat administrasinya.

 Dengan proses yang mudah dan efisien, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengurus perpanjangan SIM secara konvensional. Jadi, pastikan Anda memperpanjang SIM tepat waktu dan sesuai dengan syarat yang berlaku untuk menghindari kesulitan di kemudian hari saat berkendara di jalan raya.