Beda SKCK Polsek dan Polres: Perbedaan yang Perlu Diketahui

 

Apa itu SKCK dan apa perbedaan antara SKCK Polsek dan Polres? Baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Bagi sebagian besar orang, polisi adalah simbol keamanan dan keamanan negara. Selain bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, tugas polisi juga meliputi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

SKCK adalah dokumen penting yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, membuat paspor, dan mengurus izin usaha. Namun, ada dua jenis SKCK yang berbeda yang diterbitkan oleh Polsek dan Polres. Artikel ini akan membahas perbedaan antara SKCK Polsek dan Polres dan mengapa Anda harus mengetahuinya.

 Apa itu SKCK dan Mengapa Penting?

SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dokumen ini berisi informasi tentang catatan kepolisian seseorang, seperti riwayat kriminal, status hukum, dan catatan kepolisian lainnya.

 SKCK dibutuhkan dalam berbagai situasi, seperti melamar pekerjaan, mengurus izin usaha, atau bahkan untuk memperoleh paspor. Untuk membuat SKCK, Anda perlu mengunjungi kantor polisi dan memberikan informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat, dan nomor identitas.

 Beda SKCK Polsek dan Polres

Meskipun keduanya diterbitkan oleh kepolisian, SKCK Polsek dan Polres berbeda satu sama lain. Perbedaan utama adalah bahwa SKCK Polsek hanya mencakup wilayah kecamatan tertentu, sementara SKCK Polres mencakup wilayah kabupaten atau kota yang lebih besar. Berikut ini adalah perbedaan lain antara SKCK Polsek dan Polres:

Wilayah Layanan dan fungsinya

SKCK Polsek diterbitkan oleh kantor polisi di tingkat kecamatan dan hanya berlaku di wilayah kecamatan yang sama. Sementara itu, SKCK Polres diterbitkan oleh kantor polisi di tingkat kabupaten atau kota dan berlaku di seluruh wilayah kabupaten atau kota yang sama.

SKCK memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung dari tempat penerbitannya. Di tingkat Polres, SKCK dapat diterbitkan untuk keperluan seperti Pencalonan Anggota Legislatif Tingkat Kabupaten/Kota, Melamar Pekerjaan di dalam negeri, Melamar Sebagai PNS, Melamar sebagai Anggota TNI/POLRI, Melanjutkan Pendidikan di dalam negeri dan/atau kedinasan, Pencalonan Pejabat Publik pada tingkat Kabupaten/Kota, Calon Penerima Penghargaan, Pass Bandara, Kepemilikan Senjata Api dan Keperluan Lain di dalam negeri.

Sementara itu, SKCK yang diterbitkan di Polsek hanya dapat digunakan untuk keperluan seperti Melamar Pekerjaan di dalam lingkup Kabupaten/Kota, Pencalonan Pejabat Publik pada tingkat Desa, Melanjutkan Pendidikan di dalam lingkup Kecamatan, dan Keperluan Lain di dalam lingkup Kecamatan. 

Persyaratan

Berikut ini adalah persyaratan yang anda perlukan ketika akan mengajukan untuk proses pembuatan SKCK:

Persyaratan untuk membuat SKCK Polsek dan Polres sedikit berbeda. Untuk membuat SKCK Polsek, Anda hanya perlu membawa KTP,KK,Rumus sidik jari, akta dan pas foto 4×6  background merah 4 lembar dan membayar biaya administrasi kecil. Namun, untuk membuat SKCK Polres, Anda perlu memberikan dokumen tambahan, seperti surat keterangan domisili, dan mungkin juga perlu melalui pemeriksaan fisik dan psikologi.

Waktu Penerbitan

Waktu penerbitan SKCK Polsek dan Polres juga berbeda. SKCK Polsek biasanya dapat diterbitkan dalam waktu 1-2 hari kerja, sementara SKCK Polres membutuhkan waktu lebih lama, mungkin antara 1-2 minggu tergantung pada jumlah permintaan.

 Bagaimana Membuat SKCK?

Untuk membuat SKCK, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Kunjungi kantor polisi yang melayani wilayah tempat tinggal Anda. Pastikan untuk membawa dokumen yang diperlukan, seperti KTP, KK, dan dokumen tambahan lainnya jika diperlukan.
  2. Ajukan permohonan untuk membuat SKCK dan isi formulir yang disediakan oleh petugas.
  3. Serahkan dokumen yang diperlukan dan bayar biaya administrasi yang ditentukan.
  4. Setelah data Anda diverifikasi dan diverifikasi, SKCK akan diterbitkan dalam waktu yang ditentukan.

SKCK adalah dokumen penting yang dibutuhkan dalam berbagai situasi, seperti melamar pekerjaan atau mengurus izin usaha. Namun, perbedaan antara SKCK Polsek dan Polres dapat membingungkan bagi banyak orang.

 SKCK Polsek hanya berlaku di wilayah kecamatan tertentu, sedangkan SKCK Polres berlaku di seluruh wilayah kabupaten atau kota yang sama. Selain itu, persyaratan, biaya, dan waktu penerbitan SKCK Polsek dan Polres juga berbeda.

 Jadi, pastikan Anda mengetahui mengenai perbedaan antara SKCK Polsek dan Polres dan membuat SKCK yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga anda tidak bingung lagi mengenai perbedaan antara SKCK polsek dan SKCK polres.